Informasi Kesehatan

Kandungan Pada Rokok Serta Bahaya Merokok

Mungkin bagi banyak orang merupakan hal yang nikmat untuk dilakukan apalagi jika dibarengi dengan kopi, bahkan tidak sedikit orang yang lebih mementingkan merokok dari pada makan.

STOP KEBIASAAN MEROKOK DARI SEKARANG JUGA !!!

Kandungan Pada Rokok Serta Bahaya Merokok

Banyak bahaya bagi kesehatan yang mengintai diri anda yang diakibatkan oleh rokok. Bukan hanya membahayakan anda saja, akan tetapi orang orang disekitar anda juga akan terkena efek dari asap rokok anda. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Kandungan Pada Rokok Serta Bahaya Merokok yang penting untuk diketahui.

Kandungan Pada Rokok Serta Bahaya Merokok Yang Penting untuk Diketahui

“Dilarang Merokok” merupakan suatu kata yang pastinya sudah tidak asing lagi anda lihat atau dengar. Sepertinya kata tersebut sesuai dengan banyaknya bahaya yang diakibatkan oleh rokok.

Menderita penyakit jantung merupakan salah satu konsekuensi utama yang bisa anda dapatkan dari kebiasaan merokok. Diperkirakan sekitar 20% orang meninggal yang diakibatkan karena penyakit jantung berketerkaitan dengan kebiasaan merokok.

Apa Saja Kandungan Yang Terdapat Dalam Rokok ?

Zat Pada Rokok

Karbon monoksida
Karbon monoksida (CO) adalah gas yang tidak berwarna, tidak berasa, tidak mengiritasi dan tidak berbau. Karbon monoksida tidak mengiritasi tetapi sangat berbahaya dan biasanya disebut dengan “silent killer”.  pada orang dewasa yang tidak merokok biasanya terbentuk karboksi hemoglobin tidak lebih dari 1 % tetapi pada perokok yang berat biasanya lebih tinggi yaitu 5 – 10 %.

Tar
Tar adalah bentukan dari senyawa kimia berbahaya yang ada pada asap rokok. Dimana zat ini akan mengendap didalam paru paru dan mengganggu fungsi rambut rambut kecil yang melapisi permukaan paru-paru. Rambut rambut kecil ini sangat berperan dalam menyaring bakteri dan kuman serta menghambat berbagai racun yang berusaha masuk kejaringan paru paru agar segera dilepaskan keluar tubuh.

Gas oksidan
Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaannya pada tubuh lebih meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah.

Benzene
Benzene adalah zat berbentuk cair yang tidak berwarna, flammable, dan dengan wangi yang manis. Benzene menguap dengan cepat ketika kontak dengan udara. Zat ini sering dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia.

Selain beberapa kandungan di atas yang memang sangat berbahaya untuk kesehatan, terdapat juga kandungan berbahaya lainnya yang terkandung dalam rokok seperti,  toluene (ditemukan pada pengencer cat), hydrogen cyanide (digunakan untuk membuat senjata kimia), arsenic (digunakan dalam pestisida), formaldehyde (digunakan untuk mengawetkan mayat), dan cadmium (digunakan untuk membuat baterai).

Berikut Beberapa Bahaya Merokok Bagi Organ Tubuh Manusia

Jantung
Saat kita merokok, itu berarti kita sedang memasukan zat zat berbahaya untuk tubuh, khususnya jantung. Salah satunya adalah Zat nikotin. Nikotin merupakan zat candu yang dapat membuat kadar oksigen yang akan masuk ke darah menjadi berkurang. Selain itu, zat ini juga dapat membuat detak jantung menjadi lebih cepat, tekanan darah menjadi naik, pembuluh darah dalam jantung menjadi rusak serta dapat mempercepat pembekuan darah yang dapat memicu serangan jantung.

Paru-paru
Kanker paru-paru merupakan salah satu efek paling berbahaya yang diakibatkan merokok. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok kemungkinan besar akan mengakibatkan sel-sel pada paru-paru menjadi rusak sehingga dapat membentuk sel kanker. Selain adanya kanker pada paru-paru, penyakit serius lainnya pada paru-paru yang diakibatkan oleh rokok adalah asma, bronkitis, emfisema dan pneumonia.

Otak
Anda seorang perokok ? Jika benar, risiko anda akan terkena stroke akan meningkat sebesar 50%. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan otak dan berujung pada kematian. Selain tingkatan terkena stroke meningkat sebesar 50%, merokok juga dapat meningkatkan anda mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak adalah menonjol atau menggelembungnya bagian dari dinding pembuluh darah akibat titik lemah di dinding terakhir. Seiring dengn tumbuhnya aneurisma, dinding pembuluh darah menjadi menipis dan melemah.

Mulut dan Tenggorokan
Tidak sedikit seorang perokok yang mulutnya bau dan mengalami gigi bernoda. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan indera perasa. Selain itu, hal berbahya yang diakibatkan oleh rokok adalah adanya kemungkinan akan terkena penyakit kanker lidah, tenggorokan, bibir dan pita suara meningkat 50%.

Lambung
Merokok juga dapat menyebabkan anda mengalami asam lambung. Hal ini dikarenakan Merokok dapat melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan sehingga asam dari lambung bergerak ke arah yang salah yaitu lambung. Selain asam lambung, ulkus atau tukak dan kanker lambung juga menjadi salah satu resiko bagi anda yang sering merokok.

Tulang
Seorang perokok akan lebih beresiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Selain itu, Racun pada rokok juga dapat mengakibatkan keseimbangan hormon-hormon yang bertugas menjaga tulang tetap kuat, seperti hormon estrogen kan menjadi terganggu. Selain itu, racun tersebut juga dapat merusak tulang dengan cara menghentikan kerja sel-sel konstruksi.

Kulit
Jika anda seorang perokok dan ingin memiliki kulit yang sehat, maka hentikanlah kebiasan merokok anda. Hal ini dikarenakan merokok dapat mengakibatkan kurangnya asupan oksigen ke kulit yang dapat menyebabkan kulit terlihat lebih tua. Kemunculan kerutan disekitar mata dan mulut juga akan dirasakan oleh seorang perokok.

Organ Reproduksi
Seperti apa yang tertulis dalam bungkus rokok, bahwa merokok dapat menyebabkan impotensi dan gangguan janin. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan sistem reproduksi dan keseuburan anda terganggu. Selain itu, bagi anda seorang wanita perokok, resiko terkena penyakit kanker serviks pun akan menjadi lebih besar.

Jika anda seorang perokok, maka alangkah baiknya untuk berhenti dari sekarang. Perlu anda ingat bahwa merokok sama saja seperti menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk jika dilakukan terus-menerus. Dengan begitu, risiko menderita penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua. Tidak hanya Anda, orang-orang terdekat pun akan merasakan efeknya karena menghirup asap rokok yang beracun.

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Kandungan Pada Rokok Serta Bahaya Merokok Yang Penting untuk Diketahui. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan diatas membuat anda menjadi sadar akan bahaya merokok.

Kandungan Pada Rokok Serta Bahaya Merokok

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *